Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Dzikir Petang Sesuai Sunnah atau Tuntunan Nabi

Bacaan doa dzikir petang atau sore hari

Sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk mengistiqomahkan dzikir-dzikir di waktu pagi dan petang dengan ikhlas dan menghayati makna hingga mampu memberi pengaruh dalam realitas kehidupan maupun akhlak sebagai seorang muslim.

Dzikir Petang atau Sore Hari

Berikut adalah bacaan Dzikir Petang atau sore hari sesuai sunnah atau tuntunan Nabi Muhammad saw. Dzikir ini dibaca pada sore hari dimulai setelah shalat asar hingga waktu Maghrib.

Membaca Taawudz

اعـوذ بالله من الشيطان الرجــيم

1. Membaca Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَن ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِندَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَعُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلي العظيم

"Allah, tidak ada ilah selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar." (QS. Al-Baqarah [2]: 255). (Dibaca 1x)

2. Membaca Surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan An-Nas

Masing-masing dibaca tiga kali

3. Bacaan Dzikir Petang

Doa dzikir pagi petang

Kami memasuki waktu sore dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Rabb, aku mohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan kebaikan setelahnya.Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan malam ini dan kejahatan setelahnya. Wahai Rabb, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan keburukan di hari tua. Wahai Rabb, aku berlindung kepada-Mu dari siksa Neraka dan siksa kubur." (Dibaca 1x)

Doa dzikir sore hari

"Ya Allah, dengan rahmat serta pertolongan-Mu kami memasuki sore dan dengan rahmat serta pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi. Maka dengan rahmat serta kehendak-Mu kami hidup, dan dengan rahmat dan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mulah tempat kembali (bagi semua makhluk)." (Dibaca 1x)

Sayyidul istighfar

Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Engkau, Engkaulah yang menciptakan aku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau." (Dibaca 1x)

Doa dzikir pagi sore

"Ya Allah, sesungguhnya aku di waktu sore ini mempersaksikan Engkau, Malaikat yang memikul Arsy-Mu, Malaikat-Malaikat-Mu dan seluruh makhluk-Mu, bahwa sesungguhnya Engkau adalah Allah, tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Engkau Yang Mahaesa, tidak ada sekutu bagi-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu." (Dibaca 4x)

Doa pagi petang

"Ya Allah, nikmat yang kuterima atau diterima seseorang di antara makhluk-Mu di Sore ini adalah dari-Mu semata, sungguh tidak ada sekutu bagi-Mu, bagi-Mu segala pujian, dan kepada-Mu dipanjatkan syukur." (Dibaca 1x)

Doa mohon agar sehat atau kesehatan

“Ya Allah! Selamatkan tubuhku (dari penyakit dan yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan pendengaranku (dari penyakit dan maksiat atau yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkan penglihatanku, tiada Ilah yang berhak diibadahi kecuali Engkau. Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, tidak ada Ilah yang berhak diibadahi kecuali Engkau.” (Dibaca 3x)

Tawakkal

"Cukuplah Allah (Yang memenuhi segala kebutuhan) untukku, tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Dia, kepada-Nya aku bertawakal, Dialah Rabb yang memiliki Arsy yang agung." (Dibaca 7x)

Doa minta perlindungan

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon dan pengampunan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pengampunan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga, serta harta-bendaku. Ya Allah, tutupilah auratku (yakni aibku dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan berilah aku rasa aman dari ketakutan. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu supaya aku tidak disambar dari bawahku (dibenamkan ke dalam bumi)" (Dibaca 1x)

Doa perlindungan malam hari

"Ya Allah Yang Maha mengetahui perkara yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb Pencipta langit dan bumi, Rabb atas segala sesuatu dan Yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak diibadahi kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, syaitan dan sekutunya, (aku berlindung kepada-Mu) dari berbuat keburukan atas diriku atau mendorong seorang muslim kepadanya. (Dibaca 1x)

Bismillahi la yadhurru

"Dengan menyebut nama Allah yang tidak akan ada bahaya atas Nama-Nya sesuatu pun di bumi dan tidak pula di langit. Dialah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui." (Dibaca 3x)

Doa pagi petang

"Aku rela Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama dan Muhammad saw sebagai Nabi (yang diutus oleh Allah)." (Dibaca 3x)

Doa minta kebaikan dalam hidup

"Wahai Rabb Yang Maha hidup, Wahai Rabb Yang berdiri sendiri, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku meski sekejap mata pun (tanpa mendapat pertolongan dari-Mu)." (Dibaca 1x)

Bacaan dzikir pagi petang

“Kami masuk sore, sedang kerajaan hanya milik Allah, Tuhan seluruh alam. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan, pembuka (rahmat), pertolongan, cahaya, berkah dan petunjuk di malam ini. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan apa yang ada di dalamnya dan kejahatan sesudahnya. (Dibaca 1x)

Doa dzikir petang atau sore

Di waktu sore kami berada di atas fitrah agama Islam, kalimat ikhlas, agama Nabi kami Muhammad saw, dan agama nenek moyang kami, Ibrahim, yang berdiri di atas jalan yang lurus, berserah diri (kepada Allah) dan tidak tergolong orang-orang yang musyrik." (Dibaca 1x)

Bacaan Tasbih

Tidak ada ilah yang berhak diibadahi selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu." (Dibaca 1x/10x)

Doa minta perlindungan dari kejahatan

"Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya." (Dibaca 3x)

Sholawat nabi

Kami memohon kepada Allah semoga kita senantiasa dihidupkan diatas sunnah Nabi Muhammad saw, dan agar kita dimatikan diatas sunnah itu pula. Aamiin. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam.

Posting Komentar untuk "Doa Dzikir Petang Sesuai Sunnah atau Tuntunan Nabi"